7 Tips Memilih Sofa Tamu Terbaik Untuk Ruang Tamu

7 Tips Memilih Sofa Tamu Terbaik Untuk Ruang Tamu – Salah satu perabotan rumah yang dapat bikin penghuni rumah semakin tenteram berada di rumah adalah sofa/kursi, sofa juga menjadi asesoris yang dapat bikin penampilan ruangan semakin menarik dan makin menghias view rumah Anda.

Namun terlepas dari semua bagian estetikanya sofa memang memiliki peranan yang signifikan dalam suatu rumah. Sofa bisa mejadi tempat untuk duduk istirahat sambil melepaskan penat sesudah melakukan pekerjaan sehari penuh atau menjadi tempat berkumpul duduk bersama anggota keluarga sambil berdiskusi hal-hal ringan.

Seperti yang kita ketahui ukuran rumah setiap orang berbeda dengan diskusikana lain terdapat rumah yang berskala besar dan rumah berskala kecil, hal tersebut telah tentu menjadikan ukuran ruangan dalam rumah tersebut berbeda, selain besarnya bangunan warna rumah dan rancangan rumah juga antara rumah yang satu dengan lainnya berlainan.

Maka dari itu dalam memilih untuk berbelanja sofa semestinya memerhatikan beberapa hal atau memikirkan beberapa hal agar sofa yang dibeli bisa pas dengan keadaan ruangan dimana sofa tersebut akan disimpan. Lantas apa saja yang mesti diamati oleh Anda sebelum menegaskan untuk berbelanja sofa yang cocok? Berikut beberapa tips yang bisa Anda coba laksanakan.

Set Kursi Sofa Tamu Jati
Set Kursi Sofa Tamu Jati

Tips memilih dan berbelanja sofa yang tepat

1. Kualitas dan ketahanan sofa

Hal pertama yang layak menjadi perhatian saat akan berbelanja sofa adalah “kualitas”. Jangan hanya karena versinya yang bagus dan menarik terus mengabaikan kualitas sofa tersebut, tidak jarang kita membeli sofa dengan harga yang mungkin terbilang mahal namun tidak terlampau memuaskan kualitasnya.

Anda mau bukan punya sofa yang bisa digunakan tahan lama? Maka dari itu, semestinya sebelum berbelanja silahkan tanya-tanya penjual mengenai bahan-bahan atau material yang dipakai untuk membuat sofa tersebut. Dapat juga Anda mengecek secara detail dari sofa tersebut untuk mengetahui kualitasnya.

Menurut fakta, tidak sedikit sofa yang telah berusia puluhan tahun tetapi tetap bagus dan kokoh, hal tersebut tak lepas dari kualitas material sofa tersebut. Jadi saran dari kami jangan pernah terburu – buru untuk membeli sofa tamu yang kamu anggap bagus, akan tetapi pastikan dulu kualitas dan ketahanan sofa tersebut.

2. Desain sofa yang elegan dan dinamis

Tentu saja sebelum berbelanja sofa kemungkinan besar Anda akan berkonsentrasi pada rancangan sofa yang hendak dibeli, bahkan bisa jadi keinginan untuk memerhatikan konsep lebih besar dari pada memperhatikan kualitas sofa tersebut. Bukan rahasia lagi kalau desain sebuah sofa akan bikin pembeli kepincut untuk berbelanja.

Memang benar kalau konsep sofa akan menjadi pemicu suatu ruangan terlihat semakin mempesona atau justru penampilan masih biasa-biasa saja. Hal yang musti diperhatikan dalam menyeleksi konsep atau desain sofa adalah memerhatikan modelnya. Seperti kita ketahui bahwa sofa lazimnya akan dipakai atau bertahan bertahun-tahun, jadi sebaiknya pilih versi sofa yang tetap terlihat elegan dan dinamis walaupun banyak pergantian trend.

Anda tak mau bukan milih rancangan sofa yang cuma hits pada waktu tertentu, dan pada akhirnya versi sofa tersebut akan dianggap ketinggalan zaman. Dalam menyeleksi konsep sofa yang tidak luntur termakan viral maka Anda bisa seraching di Google atau mengajukan pertanyaan kepada arsitek atau ahli desain ruangan.

3. Memerhatikan ukuran sofa

Ukuran sofa juga tidak kalah pentingnya untuk menjadi bahan perhatian bagi Anda sebelum berbelanja sofa. Alangkah baiknya sebelum berbelanja sofa Anda mengukur apalagi dahulu luas ruangan dimana sofa tersebut akan ditempatkan.

Hal tersebut untuk menangkal kemungkinan yang tidak diharapkan, contohnya saja ukuran sofa terlalu besar untuk ditempatkan di ruangan yang Anda kehendaki alproduk Anda jadi menyesal atau sebaliknya ukuran sofa terlalu kecil untuk ruangan dimana sofa tersebut akan disimpan alproduk tidak ada chemistry/kecocokan.

Ukuran sofa rancangan sofa juga bermacam-macam, ada sofa yang terpisah dengan elemen sofa lain dan ada sofa yang didesain untuk disusun menyatu jadi jangan sampai ruangan tempat sofa tersebut kurang panjangan padahal sofanya panjang alproduk menutup jalan dan versi ruangan menjadi tidak karuan, Anda tidak mau buka hal tersebut menimpa Anda.

Baca Juga 6 Desain Ruang Tamu Simple dan Mudah di Tiru

4. Memerhatikan warna sofa

Mengapa warna sofa juga penting untuk diamati? Warna sofa penting untuk diamati supaya tidak terjadi kontraks warna antara warna ruangan dimana sofa akan disimpan dengan warna sofa yang akan dibeli. Dalam hal rancangan artistik suatu ruangan sangat penting untuk menempatkan sesuatu di dalam ruangan yang mempunyai konsep warna menyatu dengan warna material tertentu mencakup sofa.

Keselarasan warna sofa yang Anda beli dengan warna ruangan akan memperbesar nilai artistik dan grafis rumah Anda makin tampak terkoneksi. Satu lagi yang mesti Anda amati dalam memilih warna sofa adalah mempertanyakan bahan dasar kain sofa tersebut, jangan sampai kain sofa tersebut mudah luntur atau gampang kotor, sehingga baru beberapa bulan atau tahun sofa tersebut dibeli telah kelihatan kayak udah lama sekali atau kuno.

5. Tujuan berbelanja sofa

Sofa biasanya ditempatkan di beberapa titik, umpamanya di ruang tamu, ruang keluarga atau ruang pertemuan. Jadi kita harus tahu tujuan kita berbelanja sofa akan ditempatkan dimana, umpamanya sofa yang ingin Anda simpan di ruang tamu dan ruang keluarga pastinya harus berlainan tingkat ketahannya.

Jika sofa di duit keluarga biasanya akan sering dipakai, baik itu untuk berleha-leha dengan keluarga, nonoton tv, tempat mencoba-coba anak-anak, jadi sebaiknya sofa yang hendak disimpan di ruang keluarga yang agak kuat dan tahan lama karena akan sering di gunakan.

Sebaliknya sofa yang hendak ditempatkan di ruang tamu mungkin tidak akan seintens penggunaanya dengan sofa yang ada di ruang keluarga, namun bukan memiliki arti bisa membeli yang kurang bermutu. Intinya sofa yang ada di ruang keluarga dan ruang tamu sama-sama harus berkualitas, tetapi usahkan yang untuk ruang keluarga supaya menyeleksi yang kuat dan tahan lama.

6. Sofa fleksibel

Jika ruangan yang mau ditempati sofa umpamanya berukuran kecil maka Anda bisa mengakali hal tersebut dengan menggunakan sofa flexybel bila memang hendak berbelanja sofa, sehingga di saat kalian kedatangan tamu yang banyak dan ruangan di rumah Anda tak cukup untuk menampungnya, kalian bisa melipat sofa tersebut sehingga tercipta space yang lebih luas di rumah Anda.

Ada begitu banyak sofa fleksibel yang dijual di toko mebel, jadi kalian tinggal memilih mana yang cocok bagi Anda tempatkan di ruangan yang Anda harapkan, selain mencari di toko-toko, kalian bisa search di Google atau di toko online jika tidak ingin repot lagi.

7. Pikirkang jumlah anggaran/budget Anda

Budet/anggaran untuk berbelanja sofa juga sangat penting untuk diperhatikan supaya Anda tidak terlampau boros dalam membelanjakan uang Anda, sehingga duit yang Anda ingin gunakan untuk berbelanja sofa tersebut bisa dipakai untuk keperluan lainnya.

Jangan paksakan untuk membeli sofa yang mahal cuma karena kepincut melihat desainnya atau karena cuma kepuasan mata. Jika Anda ingin berbelanja sofa, belilah sesuai budget yang Anda punya dan bisa membuat Anda tenteram.

Demikianlah artikel perihal kiat menyeleksi sofa yang sesuai dari eumas.org, mudah-mudahan artikel ini bisa memberi manfaat untuk Anda semua.